Bojongmangu Jadi Pusat Pengembangan Bibit Padi Merah di Bekasi, Ini Manfaat dan Sejarahnya

Bojongmangu Jadi Pusat Pengembangan Bibit Padi Merah di Bekasi, Ini Manfaat dan Sejarahnya

pengembangan padi merah yang masih terjaga secara turun temurun di Bojongmangu, Kabupaten Bekasi. Bibir Padi Merah di Kampung Cibadak dikatakan bibit unggul dibanding tempat lain--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Beras Merah memiliki segudang manfaat dan telah dikenal secara luas terutama bagi para kalangan pelaku diet. 

Beras Merah sendiri dikenal lebih sehat dan bernutrisi dibanding dengan beras putih, selain menyimpan segudang manfaat lain bagi kesehatan tubuh.ternyata beras merah 

Tahu kah kalian, bahwa salah satu wilayah di Kabupaten Bekasi saat ini jadi pusat produksi tanaman beras merah. Tepat di Kampung Cibadak Desa Karangindah,  Kecamatan Bojongmangu.

BACA JUGA:Pemilihan Ketua RW 09 Jatimekar Digelar, Hanya Dua Calon

Padi merah itu telah dibudidayakan turun temurun para petani sekitar wilayah Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kekinian Balitbangda Kabupaten Bekasi dan BRIN tengah melakukan penelitian untuk pembudidayaan bibit unggulan padi merah.

"Para petani bukan hanya menjual padinya tapi bisa menjual benihnya, benihnya khusus, atau dapat menjadi pengembangan benih padi merah ini, yang bisa dikembangkan ke seluruh wilayah di kabupaten Bekasi," ujar Camat Bojongmangu Agung Suganda saat ditemui di kantornya pada Rabu (11/01).

BACA JUGA:Perayaan Natal Oikumene di Cikarang, Pj Bupati Bekasi Ingatkan Terus Menjaga Kerukunan dan Keharmonisan

Observasi padi merah di Bojongmangu diawali dari Balitbangda Kabupaten Bekasi yang mencari jenis khusus padi yang ada di wilayah kabupaten Bekasi. 

Sementara itu, dari informasi yang didapat ada padi merah varian lokal di Desa  karangindah kecamatan Bojongmangu ini,  memiliki keunggulan dari jenis padi merah lainnya.

"Kami juga masih menunggu perkembangannya seperti apa, apakah dapat dikatagorikan menjadi varietas yang berciri khusus, padi merah yang dikembangkan para petani di desa Karangindah ini,” katanya.

BACA JUGA: Lamborghini Aventador Mogok di Lajur Busway, Ditilang Polisi

Sementara itu, kepala Desa Karang Indah Mistar mengatakan dirinya mendukung sepenuhnya dengan adanya pengembangan padi merah yang ada di wilayah Kampung Cibadak Desa Karangindah, Kecamatan Bojongmangu.

"Ya, memang untuk pengembangan padi merah di wilayah kami cukup baik, karena wilayah nya tadah hujan,  untuk luas wilayah Desa karangindah, kurang lebih 700 Hektar dan untuk wilayah sawahnya sekitar 300 hektar, diharapkan dengan pengembangan padi merah, bisa mendongkrak perekonomian masyarakat khususnya para petani," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: